Sabtu, Maret 26, 2011

REVIEW PES DAN WINNING ELEVEN 2011 JILID 2






Grafis : 9
Seperti biasa grafis dari PES diatas rata2. Hal ini terutama tampak pada ekspresi muka pemainnya saat reply, namun nggak cuma disitu aja pandangan mata pada saat game play juga bikin adem, pergerakan pemain bener2 mencerminkan karakter pemain yg bersangkutan, kita bisa tau itu gerakan Messi atau Ibra meski liat cuma sepintas. Keadaan lapangan plus lightingnya jg sangat mempesona kita berasa duduk di ruang VIP saat nonton pertandingan.....oya kameranya sekarang aga unik, untuk yg setting kamera "wide" kamera ga benar2 sejajar dengan posisi lapangan terus menerus dan bisa zoom in / zoom out saat permainan (terutama saat kick off)....awal2 emang berasa kagok tp lama2 berasa keren juga....oya kl pas posisi bola ada di area gawang kamera berada di posisi yg agak miring, hal ini menampakkan keadaan riil pertandingan bola dimana posisi kamera ada di tengah lapangan sehingga garis gawang tidak akan sejajar tp agak miring....kesimpulan mantab daahhh...

Sound : 8
Hiruk pikuk lapangan terasa lebih hidup, ga kaku kaya WE2010. Kalo lagi ada di ruang ganti tuh teriakan penonton kaya sayup2 tp kl dah keluar jd gegap gempita. Peluit wasit juga ada di level wajar ga akan lebih keras dari tepuk tangan penonton....sama kesannya kaya waktu kita nonton world cup kemarin di TV. Kl musik gw belom bisa nilai banyak karena di versi demo musiknya cm itu2 aja.

Game Play : 9,5
Naahh....ini yang harus dibahas khusus. Mungkin akan makan bbrp halaman untuk menuliskan secara detail, cm gw highlight aja. Pergerakan dalam pertandingan berasa sangat natural, pergerakan pemain cukup realistis tp tidak membuat kita merasa terganggu dengan kontrol pemain yg menjadi kaku. Kl dibilang speed dalam game ini sangat tinggi gw rasa engga lah....ngga secepat WE jaman baheula tp juga ga selambat game bola yg sangat realistis, pas lahhh.

Tendangan di WE kali ini sudah meniru FIFA series alias pake bar, baik untuk passing, maupun shooting. Kita tidak akan menemukan lagi tembakan2 atau operan2 ajaib dg kecepatan luar biasa lagi di WE 2011. Seperti layaknya pemain bola betulan tendangan yg akurat ga akan bisa dilakukan kalo posisi badan emang ga mendukung, tp permainan akan menjadi menarik karena kita akan semakin leluasa dalam melakukan pengoperan ke rekan satu tim.

Feint chain, ini merupakan hal yg gw rasa cukup baru di WE. Kita bisa mengatur pergerakan pemain dg melakukan customize terhadap analog kanan. Terus terang gw belom bisa cerita banyak ttg ini, tp gw melihat ada potensi besar untuk para expert player bwt mengatur pergerakan pemain2nya.


Game Plan, pengaturan strategi di WE kali ini menggunakan semacam pointer (kaya mouse) jd kita maen drag n drop aja untuk melakukan customization. Sampai seberapa dalam taktik yg bisa kita atur di game ini??sangat dalam gan...mpe gw pusing ndiri, mulai irama permainan dari menit kemenit, style permainan tim pada saat pressing,attack,defend...dsb. TP untungnya kita bisa pilih aja pengaturan secara simple atau otomatis terserah manager (CPU) - hati2 kl pilih yg ini, pergantian pemain pun akan dilakukan secara otomatis, meski kita bisa melakukan manual, jd gw baru masukin Messi....eh,10 menit kemudian diganti ama manager komputer....reseee -


Master league online, salah satu mode yg perlu gw highlight di WE 2011 ini. Disini kita bisa membuat tim kita sendiri dan memainkannya secara online dg lawan2 kita di dunia maya. Harga pemain akan ditentukan dengan banyaknya player yang menggunakan pemain tersebut di timnya. Jd kl semua pemain master league online ini pake Messi di timnya maka harga Messi akan menjadi gila2an. Suatu hal yang menarik dalam game sepak bola. Oya dah pasti hasil dan ranking tim kita akan tercantum di rank dunia....tp gw belom bisa komen banyak ttg ini sampai versi fullnya keluar.


Nahhh kesimpulannya dari WE 2011 ini SEMPURNA!!! Ini adalah WE terbaik yang akan keluar setelah sekian lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar