Rabu, Maret 16, 2011

MACAM MACAM CARA FREEKICK AKURAT


FREEKICK LURUS

Usahain bola berada tegak lurus dengan salah satu celah bahu (antara 2 pemain yang berdiri) pagar betis, jadi misalnya ada gerrard ama lampard berdiri, kan di antara bahu mereka bisa ditarik garis tegak lurus ke bawah ke arah bola, nah itu sasarannya…. truss yaudah, tinggal teken “kotak” aja (sekali lagi, tergantung shoot power)
kalo jarak sekitar 20 meter, ya kira2 tenaganya jangan lebih dari setengah

FREEKICK “PISANG” atau “BELOK”
Nah, awalnya kayak di atas, tegak lurus “celah” antar pemain
Trus geser dikit (tergantung curling pemain) ke kiri atau kanan, berlawanan dengan arah bolanya mau dibelokin kemana
Misalnya:mau belokin bola ke kiri,gesernya ke kanan
mau belokin bola ke kanan, gesernya ke kiri
Jadi maksudnya adalah supaya bolanya nanti bisa belok ke celah antara kepala kedua pemain yang dimaksud



RUMUS KOMBINASI
Kalo mau bola agak melambung –> teken “bawah” + “kotak” (bersamaan)
Kalo mau bola biasa aja –> teken “kotak” aja
Kalo mau bola agak mendatar –> teken “atas” + “kotak” (bersamaan)
Kalo mau bola lebih pelan –> teken “X” setelah teken “kotak”
Kalo mau bola lebih kencang –> teken “Segi3″ setelah teken “kotak”
Kalo mau bola “pisang” atau “melengkung” atau “belok”
–> setelah teken “kotak” langsung teken “kiri” atau “kanan”
Supaya enggak bingung berikut contoh dan langkah-langkahnya:
1.gue dapet freekick dengan jarak 25 meter
2.tempat gue nendang kira-kira di sebelah kanan depan gawang (artinya arah kiri kiper lawan, ngerti kan?)
2.gue pilih beckham jadi eksekutor (ciee…bahasanya)
3.gue ambil celah paling kanan (jadi celah antara pemain di pagar betis paling kanan sama di sebelah kirinya)
4.gue atur supaya arah bola gue tegak lurus ama celah tersebut
5.karena gue mau tendangan “pisang” atau belokin bola ke kiri (ke arah gawang), jadi dari arah tegak lurus tadi gue teken “kanan” sedikit (jadi kurang lebih tegak lurus ama telinga kanan pemain paling kanan)
6.ok, posisi udah enak, sekarang tinggal mengira2 power yang dibutuhkan (lo harus mengenal pemain lo dengan baik, kalo perlu lo pacarin deh), yah, kira2 powernya setengah atau kurang dikit deh
7.trus gue pengen tendangan gue agak mendatar, atau sudutnya rendah, jadi gue siap2 teken “atas” + “kotak”, trus gue pengen bolanya kenceng dan belok ke kiri, jadi abis itu gue siap teken “segi3″ + “kiri”
8.jadi ini urutan tekenannya setelah posisi udah enak :
– pertama, teken “atas” (tahan) trus “kotak” ampe powernya setengah
– setelah powernya cukup, gue langsung lepas kedua tombol barusan
– trus gue langsung teken lagi “kiri” ama “segi3″ (dua-duanya
ditahan) ampe beckham udah nendang
– gol
Selamat Mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar